18 Langkah Sukses Merintis Usaha

Kartu nama adalah perangkat penting yang bisa menjadi personalisasi identitasmu ketika ingin memperluas jaringan bisnis. Nah, setelah kamu bergabung, sebaiknya cobalah membangun relasi dengan anggota-anggota Slot Emoney lainnya di dalam organisasi/komunitas pengusaha tersebut. Kamu bisa memulainya dengan mencari orang-orang yang merintis bisnis yang sama denganmu, bisa saja mereka nantinya akan bisa menjadi mitra bisnismu.

Moms bisa memulainya dari lingkungan yang kecil dulu, yakni lingkungan sekitar Moms, seperti teman-teman, keluarga, serta kerabat. Tanpa gairah atau sesuatu yang disukai, kemungkinan besar ide bisnis akan gagal di beberapa titik. Pengusaha yang lebih tua tahu apa yang mereka sukai dan yang tidak, sehingg dapat menyesuaikan bisnis baru agar sesuai dengan itu. Namun, perlu diingat bahwa sistem Crowdfunding sangatlah kompetitif. [newline]Sehingga setidaknya, Anda perlu memiliki produk yang inovatif atau membuat karya yang sangat kreatif untuk memikat orang secara emosional.

Betapa senangnya kita membayangkan menjadi bos atas diri kita sendiri, menghasilkan uang lebih banyak hingga terbebas dari pemecatan sewaktu-waktu. Selain itu juga masih ada banyak menarik yang bisa menjadi alasan untuk memulai bisnis sendiri. Bisnis yang besar tentu akan membutuhkan modal yang banyak, sehingga sulit untuk direalisasikan oleh pemula. Dalam prakteknya, bisnis yang besar sekalipun bisa saja dimulai dari sebuah bisnis yang kecil terlebih dahulu. Hal-hal seperti ini bisa saja membuat Anda pusing sendiri dalam menentukan bisnis yang tepat untuk dilakoni.

Membangun bisnis baru

Biasanya startup seperti ini dimotori oleh anak-anak muda yang memliki idealisme yang tinggi namun belum banyak pengalaman dari sisi pengelolaan usaha. Poin ketiga yang membuat rencana bisnis menjadi suatu hal yang sangat penting adalah rencana bisnis atau business plan dapat membantu kita dalam mengatur dan mengamankan pendanaan bisnis. Kita semua tahu bahwa setiap bisnis pasti memiliki modal uang, bukan? Baik modal awal dan modal operasional, semuanya sangat memerlukan perencanaan bisnis yang jelas. Masalahnya, jika kita tidak memiliki rencana bisnis yang jelas, maka akan sulit bagi kita untuk mendapatkan pinjaman financial institution.

Harris mengatakan, tidak sedikit yang mengingatkannya untuk tidak menghabiskan tabungan dengan buka usaha. “Aku memandang, justru usaha ini adalah bentuk saving yang kita tuai di masa mendatang. Kalau tidak kita mulai, bagaimana mau punya saving kan,” ujar Harris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *