Membangun Perekonomian Indonesia Melalui Mahawira Mahasiswa Wirausaha Berbasis Ekonomi Kreatif

Indonesia perlu membangun kembali daya saing manufakturnya dan memanfaatkan peluang perubahan jejak manufaktur international. UMKM dapat dikatakan menjadi roda penggerak ekonomi masyarakat dengan berpedoman pada ekonomi kerakyatan di setiap kegiatan ekonomi. UMKM dapat dijadikan penggerak generasi milineal dalam mengembangkan inovasiinovasi yang selama ini kurang tersalurkan untuk kebutuhan ekonomi masyarakat Indonesia.

Membangun perekonomian Indonesia

Pencapaian goal ini sangat penting sebab kalau target ini dapat dicapai maka dapat diyakini bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia kedepan masih bisa berada di sekitar 5 %. “Bagi yang bingung memilih produk reksa dana apa yang paling sesuai, konsultasi merupakan hal yang harus dilakukan. Di SAM sendiri kami selalu memberikan konsultasi dan edukasi sehingga seseorang berinvestasi di instrumen yang dapat membawa dirinya mencapai tujuan yang diinginkan. Calon investor pun harus jeli dalam memilih, jangan sampai terjebak dalam investasi bodong atau palsu,” jelas Associate Director SAM, Ayu Widuri.

Meskipun visi ini terkesan ambisius, namun Pemerintah memiliki dasar yang kuat dalam mencanangkan target ini. Salah satu alasan yang kuat adalah melihat fakta bahwa perilaku masyarakat Indonesia sangat berorientasi digital. Data dari Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia serta We Are Social menyebutkan bahwa pengguna web Indonesia berada di kisaran 52%, dan sebagian besar diantaranya mengakses web secara cell selama 4 jam per hari. Lebih jauh, saat ini terdapat 370 juta kartu SIM aktif di Indonesia, jauh lebih besar dari populasi Indonesia yang sudah hampir mencapai 270 juta penduduk. Ada juga yang melakukan pemotongan pendapatan pegawai demi tetap berlangsungnya kegiatan perekonomian atau bahkan yang gulung tikar sekalipun karena sudah tidak mampu bertahan.

“Anak muda dapat membawa negara menjadi semakin maju dan diperhitungkan dalam konteks ekonomi global, untuk potensi-potensi yang ada harus dikembangkan,” tambahnya. Ketahanan nasional merupakan kemampuan bangsa Indonesia untuk mengembangkan kekuatan nasional, dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan, ancaman, maupun gangguan yang berasal dari dalam maupun luar yang membahayakan integritas, dan kelangsungan hidup bangsa. Oleh sebab itu, dibutuhkan indikator lain untuk mengukur tingkat kesejahteraan rakyat suatu negara. Berdasarkan pendapatan nasional bruto per kapita pada tahun 2018, Indonesia berada pada peringkat ke-120 di dunia dengan besaran US$3.840.

Hal ini dikarenakan, ketika sebuah sarana dan prasarana tidak terdukung dengan baik, upaya yang dilakukan dalam meningkatkan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi bisa terhambat dan kurang optimum. Koperasi juga secara jelas telah menjadi badan hukum yang eksis dan bisa bergerak lintas batas kewilayahan. Koperasi tidak dibatasi dengan wilayah tertentu dalam pergerakannya, koperasi juga memungkinkan dirinya menjadi lembaga besar dengan daya jangkau keanggotaan tak terbatas. Sehingga memungkinkan dirinya menjadi lembaga ekonomi besar dengan penguasaan struktur modal yang besar pula.

“Madani akan berada di garda terdepan jika pemerintah membuka diri untuk kerja bersama dalam mengimplementasikan aksi untuk mengurangi deforestasi,” tambah Yosi. Webinar ‘Literasi dalam Membangun Ekonomi Masyarakat’ yang terselenggara via zoom meeting ini merupakan hasil kerja sama Slot Gacor antara Perpusnas dan Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara. Kegiatan ini menghadirkan narasumber anggota Komisi X DPR RI Sofyan Tan, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara Halen Purba, dan Penerima Dampak Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Samidi.

Tidak adanya program loyalitas pelanggan juga menjadi permasalahan UMKM yang cukup krusial. Kebanyakan pelaku UMKM belum memiliki perhatian yang besar dalam membuat program loyalitas pelanggan. Padahal, menjaga kualitas branding,sangatlah penting dalam upaya membesarkan bisnis UMKM. Dengan kualitas branding yang baik,suatu produk akan lebih mudah diingat khalayak ramai.Sehingga peluang terjadinya penjualan pun semakin besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *