7 Cara Cerdas Hindari Bisnis Bangkrut Di Tengah Covid

Merebaknya kasus virus corona begitu mempengaruhi kehidupan banyak orang, dari segi kesehatan, pendidikan, termasuk juga ekonomi. Jumlah kasus Covid-19 yang terus bertambah membuat laju sejumlah bisnis pun melambat. Apalagi, masyarakat saat ini tengah mengurangi aktivitas di luar rumah seperti liburan atau belanja. Hutang merupakan sebuah pinjaman dana yang digunakan untuk modal sebuah usaha, hutang bukan hal yang buruk tapi yang buruk adalah memiliki hutang tanpa ada rencana yang matang untuk melunasinya.

Namun, jangan pernah jadikan masalah ini sebagai alasan Anda untuk ragu dalam melangkah, justru disinilah tantangan bisnis yang harus Anda hadapi dengan strategi yang tepat. Untuk mendapatkan strategi yang tepat, Anda harus mulai memahami risiko bisnis yang mungkin terjadi dalam bisnis dan bagaimana solusi menghadapinya. Dengan mengetahui konsep risiko dalam bisnis, Anda dapat lebih siap ketika melangkah dan mengambil keputusan yang tepat. Di bawah ini, LIBERA akan menjelaskan beberapa jenis risiko bisnis yang mungkin terjadi dan bagaimana solusi yang tepat untuk menghadapi risiko tersebut.

Usaha yang bisa dibuat untuk mencegah kebangkrutan

Situs-situs kami mungkin menawarkan discussion board komunitas yang dapat diakses oleh publik. Anda harus menyadari bahwa informasi apa pun yang Anda berikan di area-area ini bersifat umum dan dapat dibaca, dikumpulkan, dan digunakan oleh orang lain yang mengaksesnya. Untuk meminta agar informasi pribadi Anda dihapus dari forum-forum ini, kirim e-mail ke kami di alamat Untuk beberapa kasus, kami mungkin tidak dapat menghapus informasi pribadi Anda. Kami mengambil langkah-langkah yang wajar untuk memastikan bahwa informasi pribadi yang kami kumpulkan tentang Anda tetap akurat, tepat waktu dan aman.

Bisa jadi produk yang kamu tawarkan belum familiar atau terlalu maju sehingga pasar butuh waktu untuk penyesuaian. Tidak ada cara lain untuk mengenalkan produk pada pasar tanpa adanya promosi. Coba terapkan beberapa hal berikut ini untuk bisa melejitkan usaha yang hampir bangkrut. Kita memang tidak akan pernah tahu kapan usaha yang sudah kita lakukan akan loyo dan lesu.

Menurutnya, setiap usaha memiliki siklus, saat memulai usaha hingga bertumbuh, mencapai posisi puncak, kemudian menurun. Hal tersebut terjadi ketika produk yang kita jual sudah tidak lagi diminati pelanggan, atau terdapat produk atas jasa yang lebih murah. Selain itu, kebangkrutan juga bisa terjadi oleh sifat alamiah dari bisnis tersebut yang memiliki siklus bisnis yang pendek. Tidak ada yang bisa memastikan kapan wabah virus corona ini akan berakhir. Selama wabah belum berujung, niscaya kondisi perekonomian belum akan kembali normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *