Cuti Bersama Usai, Karantina Banjarmasin Sertifikasi Ekspor Karet Senilai 6,Three Milyar

Harmidy Haroen, Direktur Utama PT Mutu Hijau Indonesia perusahaan verifikasi sertifikasi verifikasi legalitas kayu mengemukakan, saat ini terdapat lima perusahaan yang ditunjuk untuk verifikasi sertifikasi verifikasi legalitas kayu. “Nilai tambah kayu dan produk kayu akan terus meningkat jika sertifikasi verifikasi legalitas kayu diterapkan,” ujar Gita di sela-sela seminar “Implementasi Sertifikasi Verifikasi Legalitas Kayu dan Perjanjian Kemitraan Sukarela untuk Memenuhi Regulasi Global”. Fungsi IPSKA akan menjadi perpanjangan tangan pemerintah pusat dalam membina pengusaha atau eksportir untuk memperolehGSP dalam rangka mendapatkan SKA dan membantu verifikasi SKA bila identifikasi diperlukan. Metode sertifikasi mandiri akan menggantikan SKA formA tujuan Uni Eropa yang selama ini telah digunakan. Saat ini, BKIPM berpedoman pada Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan nomor 27/Kepmen-KP/2020, terkait pegawai yang bertugas langsung di bidang pelayanan, diberlakukan sistem rotasi guna mencegah penyebaran Covid-19. “Kita bertugas demi pelayanan negara tetap maksimal, terutama dalam hal layanan sertifikat ekspor,” tegasnya.

Sertifikasi Ekspor

Padahal terdapat standar yang lebih penting untuk dipenuhi yaitu keamanan produk yang diwajibkan melalui regulasi pemerintah masing-masing negara. PPEI menjalin kerja sama dengan praktisi profesional domestik dan asing, para pejabat di bidang ekspor-impor, CBI Belanda dan TFO Kanada dalam menyiapkan kurikulum yang komprehensif dan dapat diterapkan sesuai dengan kebutuhan dunia bisnis. Kerjasama dengan TFO Kanada bahkan telah mulai direalisasikan dalam bentuk penyelenggaraan program pelatihan, untuk alumni PPEI, terutama untuk bisnis ekspor perempuan, sehingga mereka dapat melakukan ekspor secara mandiri dan terencana.

HPE ini berpedoman pada harga rata-rata internasional dan atau harga harga rata-rata FOB di beberapa pelabuhan di Indonesia. “Sosialiasi akan terus dilakukan selama masa transisi sehingga para eksportir siap menjelang pemberlakuan wajib sertifikasi mandiri,” pungkas Wisnu. Kementerian Perdagangan mulai memberlakukan sertifikasi mandiri pada implementasi sistem eksportir teregistrasi dalam skema tarif preferensial umum Uni Eropa (Registered Exporter Generalized System of Preferences European Union/REX GSP EU) per 1 Januari 2020. Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono meyakini kegiatan ekspor bisa menjadi bagian dari upaya KKP untuk memotivasi dan memberikan semangat bagi stakeholder kelautan dan perikanan dalam memajukan sektor kelautan dan perikanan. Terlebih dalam situasi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, Menteri Trenggono menegaskan optimismenya sektor kelautan dan perikanan bisa lebih maju lagi. Hafit berharap, tren positif ini terus terjaga seiring dengan mulai dilonggarkannya kebijakan PPKM oleh pemerintah.

Padahal sertifikat yang dimiliki pelaku usaha akan menjadi bukti bahwa mereka berkompeten di bidangnya. “Penting bagi pelaku ekspor untuk mulai memberikan perhatian lebih kepada peningkatan penerapan sertifikasi guna menjamin kelancaran ekspor ke negara mitra dagang,” pungkas Natan. Natan menjelaskan pemerintah juga melakukan berbagai kerja sama perdagangan internasional dengan negara-negara mitra dagang yang mencakup persetujuan bilateral, multilateral, dan regional untuk dapat membuka akses pasar yang lebih luas di berbagai jenis komoditas. Rolasnews.com – Jumlah pelaku ekspor impor bersertifikat di Jatim terhitung amat sedikit.

Natan menyampaikan, peningkatan persyaratan sertifikasi sebaiknya tidak menjadi hambatan bagi ekspor Indonesia. Menurut dia, pencapaian kinerja ekspor dimasa pagebluk Covid-19 merupakan hasil kerja sinergis pemangku kepentingan di sektor pertanian, dari petani, pelaku usaha, pemerintah daerah dan pihaknya. “Kerja keras dan harmonis ini harus tetap terjaga, tingkatkan tiga kali lipat,” tambahnya. Dalam rangka peningkatan pelayanan sertifikasi ekspor komoditas perikanan, BKIPM juga telah meluncurkan inovasi pelayanan publik. Sebagai contoh, Balai KIPM Surabaya II menerapkan One Stop Service Quarantine (OSS-Q), yang masuk dalam TOP 99 kompetisi Inovasi Pelayanan Publik yang diselenggarakan oleh KemenPANRB.

YOGYAKARTA, investor.id – Kepala Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Yogyakarta, Hafit Rahman menegaskan optimismenya terhadap sektor kelautan dan perikanan. Di tengah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat , tren ekspor komoditas kelautan dan perikanan di Kota Pelajar justru kian meningkat. Pada kesempatan tersebut, selain edamame, juga dilakukan ekspor komoditas lain dengan whole nilai Rp255,four miliar, terdiri dari kelompok hortikultura berupa melati, daun cincau, daun pakis, sayuran beku sebanyak 202,three ton.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *