Era Industri 4 0, Hipmi Dorong Pengusaha Muda Ekspor Melalui Platform Digital

Melalui portal ini, pelaku UKM bisa mengakses beragam fitur seperti; business checkup, ekspansi market, SME tools, inspirasi discussion board UKM, buka rekening bisnis, dan solusi pendanaan. “Kita harus memiliki particular settlement dengan negara-negara yg saat ini belum kerja sama perdagangan, seperti dengan negara anggota OKI ,” ujarnya. Dalam satu tahun ke depan asosiasi menargetkan bisa membantu three juta UKM mendigitalisasi bisnis mereka.

Kegiatan ini merupakan seri kedua dari rangkaian lokakarya niaga elektronik (niaga-el/e-commerce) B2B yang sebelumnya diselenggarakan pada 20 September 2021 di Tangerang, Banten. Untuk menyempurnakan jalur logistik di Indonesia, Agus berharap semakin banyak platform digital baru yang bermain di sektor logistik ini. Harapannya, dengan semakin banyaknya pemain, maka layanan logistik bisa semakin beragam dan berdaya saing. Terlebih, situasi global yang terus berubah akan senantiasa memaksa UKM untuk mampu memiliki daya saing. Apabila kita menarik benang merah, terdapat kebijakan pemerintah terkait digitalisasi yang tidak mustahil telah memengaruhi tangguhnya performa ekspor tanah air.

Langkah ini juga sejalan dengan perintah Presiden Joko Widodo yang menggaungkan benci produk asing. Upaya ini dilakukan melalui Sekolah Ekspor yang merupakan hasil kerja sama Kamar Dagang dan Industri Indonesia dengan Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah , serta didukung oleh Kemenkop UKM dan Kemendag. CEO Kickrate, Muhammad Yulianto, mengatakan meski saat ini fokus di Asilaa Tenggara, Kickrate akan terus mengembangkan bisnis ke pasar Asia lainnya dan Eropa. Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional, Kasan hadir pada Soft Launching Platform IndonesiaStore.ae yang diluncurkan Senin, (16/Nov). IndonesiaStore.ae merupakan lokapasar khusus produk Indonesia untuk pasar Persatuan Emirat Arab .

Platform Ekspor

Dalam merespons tantangan tersebut, BI mengeluarkan kebijakan moneter dan makroprudensial yang bersifat unfastened atau komodatif, serta kebijakan sistem pembayaran untuk mendorong ekonomi dan keuangan digital. Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perdagangan Benny Soetrisno mengatakan, perdagangan yang semakin terbuka di era digital harus dimanfaatkan Indonesia. “Sebagai sebuah ekosistem, BLE memerlukan partisipasi aktif semua entitas terkait logistik baik di lingkungan pemerintah maupun para pelaku usaha untuk tumbuh dan berkembang bersama,” ujarnya. Menurut dia, ini adalah salah satu langkah konkrit untuk menggairahkan UKM dalam mempercepat pemulihan ekonomi nasional dan meningkatkan ekspor.

Sementara ekspor, telah beberapa kali dilakukan namun sempat mengalami penurunan dalam bentuk kualitas maupun kuantitas. Oleh karena itu, berbagai upaya dilakukan untuk mendorong peningkatan kualitas produk pertanian di tanah air. Data International Trade Center menunjukkan bahwa potensi ekspor buah-buahan seperti nanas, pisang dan melon secara complete mencapai US$ 400 juta atau setara Rp. Permintaan pasar yang besar tersebut harus kita manfaatkan untuk mendorong peningkatan kontribusi UMKM terhadap ekspor. Khusus untuk sektor pertanian, masih banyak potensi ekspor produk pertanian yang belum dioptimalkan.

Pemerintah mengeluarkan kebijakan penyederhanaan dan pengurangan jumlah Larangan dan Pembatasan untuk aktivitas impor khususnya bahan baku. Penyederhanaan dan pengurangan ini bertujuan untuk meningkatkan kelancaran dan ketersediaan bahan baku dan daya saing. Stimulus ini diberikan kepada perusahaan yang berstatus sebagai produsen, dengan rincian sebagai berikut.

Stimulus non fiskal bertujuan menyelamatkan industri manufaktur dan perdagangan nasional karena mewabahnya virus corona yang telah menjadi pandemi di dunia. Seperti diketahui sebelumnya, virus corona telah membuat berbagai negara mengalamilockdown. Sementara itu, Kemal menyampaikan, kesuksesan ekspor ikan tuna sirip kuning yang dilakukan PT Harta Lautan Indonesia ke Vietnam ini diperoleh melalui promosi dan fasilitasi dengan platform madeinindonesia.com. Platform ini dirancang untuk menjembatani produsen, pedagang grosir, dan pemasok di Indonesia dengan pembeli di mancanegara. “Diharapkan ekspor ikan tuna sirip kuning ini akan terus berlanjut dan mendapatkan permintaan kembali dengan jumlah transaksi yang lebih besar serta meningkatkan diversifikasi negara tujuan,” jelas Didi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *